Diposting Pada: Rabu, 05 Februari 2020
Menuju Akreditasi 2021, MAN 2 Kota Jambi Berbenah Diri


Menuju Akreditasi 2021, MAN 2 Kota Jambi Berbenah Diri
Kota Jambi (MAN 2) Salah satu tolok ukur kualitas atau mutu pendidikan di sebuah sekolah adalah akreditasi. Sebagai kegiatan penilaian, akreditasi sekolah adalah penilaian (asesmen) secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Adalah suatu keuntungan yang besar jika suatu sekolah telah memperoleh akreditasi yang baik, salah satunya adalah karena hasil akreditasi menggambarkan mutu suatu lembaga. Melalui akreditasi, orang tua serta masyarakat umum dapat mengetahui dan yakin serta merasa nyaman dengan legalitas sebuah lembaga sehingga kepercayaan terhadap lembaga ini menjadi lebih tinggi.

Terkait dengan kegiatan akreditasi, MAN 2 Kota Jambi berbenah diri menyongsong akreditasi yang insyaAllah akan dilaksanakan pada tahun 2021 yang akan datang. Pembenahan ini diawali dengan visitasi para pengawas Pembina dalam rangka memberi arahan kepada seluruh civitas akademika MAN 2 Kota Jambi, hari ini, Rabu (5/2) bertempat di Ruang Majlis Guru MAN 2 Kota Jambi.

Mengawali arahan yang pertama, pengawas pembina MAN 2 Kota Jambi, Drs. H. Sulaiman, M.Pd.I menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas layanan pendidikan di era global khususnya di lingkungan madrasah, setiap pendidik wajib meningkatkan kualitas dan selalu mengembangkan diri. Meskipun saat ini, seringkali kita mendengar tentang orientasi hasil sebagai suatu tuntutan, namun PROSES tetap harus diperhitungkan dan dijalankan. Guru era milenial ini dituntut untuk memiliki kreatifitas yang lebih terutama dalam menyusun bahan ajar yang ringkas, tidak rumit namun efektif dalam mencapai target. Ditekannya bahwa dalam melaksanakan tugas pembelajaran, setiap guru tetap harus berpegang kepada tupoksi yang telah ditetapkan. Apalagi ke depan, aspek kinerja sangat menentukan tingkat kesejahteraan.

Selanjutnya sejalan dengan arahan dari Pak Sulaiman, Drs. Sobri A, M.Ag selaku asesor BANSM Jambi, menjelaskan tentang pentingnya personal branding setiap guru karena 50% hasil belajar siswa, dipengaruhi oleh guru sebagai motivator eksternal.

Last but not least adalah arahan dari Drs. Abdul Somad,M. Pd.I yang dalam salah satu penyampaiannya menekankan tentang pentingnya keteladanan guru dalam proses pendidikan. Sifat kritis yang dimiliki generasi milenial kekinian sangat menuntut agar konsep uswatun hasanah itu dijalankan dan bukan semata-mata perintah kosong, apalagi hanya aturan di atas kertas.

Semoga setiap arahan yang disampaikan dalam kegiatan visitasi ini, dapat membawa peningkatan mutu MAN 2 Kota Jambi yang kita cintai ini. Aamin.

Pewarta : Ai Wardah Mardiah
©humas-MAN 2 Kota Jambi

 


765x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Teater Alief Kembali Ukir Prestasi Pada Festival Musikalisasi Provinsi Jambi 636x dibaca
  2. Ambalan Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien, Gugus Depan 03.123-03.124 MAN 2 Kota Jambi SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHAN NKRI 1064x dibaca
  3. Kemeriahan Pesta Demokrasi di MAN 2 Kota Jambi 581x dibaca
  4. Beragam Kegiatan Seputar Penyelenggaraan Ujian Madrasah di MAN 2 Kota Jambi Yang Berlangsung Sukses 970x dibaca
  5. PPDB MAN 2 Kota Jambi 24485x dibaca

Halaman ini diakses pada 06-05-2024 01:43:59 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 172.69.6.130
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved